PT Nusa Halmahera Minerals

Perpustakaan Digital, Pintu Masa Depan

Selasa, 7 September 2021
lab-smp-4.jpg
Dokumentasi NHM
Laboratorium Informasi dan Teknologi SMP Negeri 4 Halut

Perpustakaan digital dan laboratorium informasi dan teknologi (lab IT) merupakan satu-satunya fasilitas yang pertama tersedia di wilayah lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) untuk jenjang pendidikan menengah pertama (SMP) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Pendidikan memiliki peran penting bagi kemajuan suatu daerah. Semakin maju pendidikan, semakin maju pula daerah tersebut. Minimnya fasilitas, terbatasnya sumber daya guru, menjadikan kualitas pendidikan di perdesaan jauh tertinggal dengan perkotaan. Untuk mendorong ketertinggalan dunia pendidikan di daerah perdesaan, NHM telah membangun perpustakaan digital dan lab IT untuk SMP Negeri 4 Halmahera Utara, tepatnya di Desa Ngofakiaha, Kecamatan Malifut,
Kabupaten Halut.

Pendirian fasilitas ini untuk memacu minat baca dan meningkatkan kemampuan para siswa dalam mengoperasikan komputer sehingga kualitas atau mutu pendidikan meningkat. Pemanfaatan fasilitas perpustakan digital dan lab IT bukan hanya terbatas pada para siswa, tetapi juga dapat digunakan oleh para guru.

Lab IT dengan sistem komputerisasi diresmikan oleh NHM dan dilakukan serah terima kepada Pemerintah Kabupaten Halut pada tahun ajaran 2019/2020. Anak-anak dapat memanfaatkan lab ini, selain untuk mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK), juga untuk mencari referensi dan membaca buku. Keberadaan perpustakaan digital dan lab IT tentunya sangat membantu para siswa.

Di sekolah tersebut juga telah dibangun rumah belajar yang berisi buku-buku bacaan. Di perpustakaan digital yang dibangun NHM, para siswa dapat mengakses lebih banyak buku dan tidak terbatas. “Kami sudah punya ruangan khusus untuk belajar komputer, ruangannya bagus dan komputernya juga bagus. Kami sangat senang sekali terima kasih kepada NHM yang sudah membangun gedung ini untuk kami,” kata Putri Sabrina Hairul, siswi kelas 8.

Perpustakaan digital ini juga dimanfaatkan oleh para guru, di antaranya untuk kegiatan simulasi assessment mata pelajaran muatan lokal untuk semua kelas 7-9, ujian nasional yang seyogyanya akan dimanfaatkan pertama kali pada ujian nasional 2020, tetapi terkendala COVID-19 dan digunakan untuk guru sesuai dengan kebutuhan para guru. Hasan Anwar, guru IPA terpadu menyatakan, setelah adanya lab IT/multimedia ini para guru menjadi antusias dalam mengajar dan belajar. “Pembelajaran menjadi semakin menyenangkan baik bagi para siswa maupun kami, para guru”.

Pemanfaatan perpustakaan ini tidak terbatas, semua siswa punya kesempatan untuk memanfaatkan fasilitas sesuai kebutuhan. Namun, pihak pengelola akan mengawasi siswa agar pemanfaatannya tepat dan siswa lebih diarahkan untuk login di laman ruang belajar siswa. Para siswa dapat mengakses ruangan tersebut pada jam–jam lowong ketika tidak ada jadwal pelajaran TIK, yaitu rata-rata sekitar dua jam.

“Sejak adanya lab IT/multimedia yang dibangun oleh NHM, saya sebagai pengelola dan guru TIK sangat terbantu dalam proses pembelajaran dan juga kegiatan sekolah lainnya. Pembelajaran jadi lebih menarik, efektif, variatif, dan inovatif. Terima kasih NHM.”

S. T. Ardaniah
Pengelola perpustakaan lab IT/multimedia SMPN 4 Halut

Tiada Hari Tanpa Prestasi

MP Negeri 4 Halut merupakan satusatunya SMP yang ada di Kecamatan Malifut Kabupaten Halut. Letak Kecamatan Malifut tepatnya adalah di kecamatan wilayah operasi penambangan NHM. Jumlah desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Malifut sebanyak 22 desa dengan jumlah penduduk kurang lebih 11.000 orang. Saat ini ada 339 siswa bersekolah di SMP Negeri 4, terdiri atas 130 kelas VII, 109 kelas VIII dan 100 kelas IX. Semua siswa ini dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan digital. Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Halut, Fariati Halil, S.Pd. mengucap syukur atas bantuan dari NHM. “Kami bangga dengan fasilitas yang sudah dibangun oleh NHM, semoga dengan fasilitas ini dapat memacu semangat siswa siswi kami untuk lebih berprestasi,” kata Fariati.

Pemerintah kecamatan maupun desa serta kalangan orang tua siswa siswi pun turut memberikan apresiasi dan dukungan kepada NHM. Kini bangunan dan fasilitas telah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Halut. Penandatanganan serah terima fasilitas dari Pihak NHM telah dilakukan dan diwakili oleh Manager Social Performance, Hansed Piter Lasa.

“Mencerdaskan anak bangsa adalah cita-cita mulia yang diemban oleh kita semua. Manfaatkanlah secara baik fasilitas yang sudah diberikan agar kelak kalian semua akan menjadi generasi terampil dan cerdas.”

Hansed Piter Lasa
Manager Social Performance NHM
BERI KOMENTAR
TERKAIT
Copyright © 2022 TAMASYA - Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
All Rights Reserved