PT Bukit Asam Tbk

Pengembangan Masyarakat dan Mencerdaskan Anak Bangsa

Jumat, 10 September 2021
akipba.jpg
Dokumentasi PTBA
Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA)

PT Bukit Asam (PTBA) turut mendorong kemajuan dan kemandirian masyarakat yang berada di wilayah ring I perusahaan. Melalui kegiatan PPM, PTBA telah menyalurkan berbagai bantuan untuk kesejahteraan masyarakat salah satunya melalui program pemberdayaan masyarakat seperti di Desa Pagar Dewa, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

PTBA melalui Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) melakukan pengembangan dan pembinaan bidang pertanian berupa pembangunan infrastruktur (gudang beras, emplacement, kesekretariatan), peralatan pertanian (ricemill unit, rice polisher) dan pupuk organik/kotoran hewan (kohe), sarana dan prasarana pertanian lainnya, serta mesin perontok gabah padi tenaga surya. Program-program tersebut untuk mendukung produk unggulan beras sehat organik dengan merek Dewa Bukit Asam. Secara kelembagaan telah dibentuk kelembagaan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Pagar Bukit Asam (PABA).

PABA dikelola langsung oleh masyarakat Pagar Dewa, dan dibina oleh PPM Bukit Asam. Dengan dibentuknya PABA ini, masyarakat dapat melakukan pengelolaan terkait hasil panen dan rencana produksi beras organik.

Adanya PABA ini juga untuk mengajak masyarakat Desa Pagar Dewa untuk bersama-sama mengelola potensi pertanian desa. PABA menjual beras organik hasil panen dan dibeli oleh PPM PTBA untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan paket sembako.

Dalam pengembangan kecerdasan sumber daya manusia di sekitar tambang, PTBA mendirikan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam dengan pembiayaan bersumber dari dana PPM holding BUMN tambang, merujuk pada perjanjian kerja sama tentang Program Pendidikan Vokasi Diploma 1 (D-1) Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) Bukit Asam pada 19 Maret 2018.

Jurusan yang tersedia terdiri atas tiga program studi yakni Teknik Pengoperasian Peralatan Tambang, Teknik Pengolahan Hasil Tambang, dan Teknik Perawatan Peralatan Tambang.

Model Perkuliahan yakni Industry Based Education (IBE) dan Production Based Education (PBE) melalui sistem blok (mingguan) dan modular. Kampus ini berlokasi di Learning Center PTBA Tanjung Enim, perkuliahan sudah berjalan sejak September 2018.

Diharapkan AKIPBA bisa menjadi kampus pertambangan terbesar di Kabupaten Muara Enim, dan kampus ini dapat menjadi pilihan putra–putri daerah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang pertambangan dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat lokal, agar mampu bersaing dengan tenaga dari luar daerah dan tenaga asing.

BERI KOMENTAR
TERKAIT
Copyright © 2022 TAMASYA - Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
All Rights Reserved