PT Tambang Tondano Nusajaya

Membangun Generasi Emas di Lingkar Tambang

Rabu, 8 September 2021
tot-ttn.jpg
Dokumentasi TTN
Training of Trainer (TOT)

Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bidang kesehatan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat lingkar tambang.

Salah satu kegiatan TTN yang langsung menyentuh aspek kesehatan adalah Training of Trainer (TOT) kader posyandu. Wali Kota Bitung, Max Lomban, dalam TOT kader posyandu bertema “Membangun Generasi Emas dengan Gerakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)” menekankan bahwa kesehatan dan pendidikan memegang peran penting dalam tumbuh kembang seseorang. Wali kota berharap pelatihan-pelatihan yang didukung program PPM mampu meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat dan menjadi modal penting bagi mereka ketika kegiatan penambangan sudah berhenti. Bertempat di Botanica Nature Resort, Kelurahan Danowudu, Kecamatan Ranowulu, pelatihan dibuka oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kota Bitung, Khouni Lomban-Rawung dan
dihadiri oleh Wali Kota Bitung. Pelatihan diikuti oleh bidan, petugas kesehatan Puskesmas Ranowulu Kota Bitung, Puskesmas Likupang Timur dan Likupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara serta para kader posyandu di wilayah tambang TTN Ring I, II, dan III. Saat ini, 24 desa/kelurahan lingkar tambang menjadi penerima manfaat program tersebut.

Endang Achadi, koordinator kegiatan dari Pusat Kajian Positive Deviance Resource Centre, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PDRC FKM UI) mengatakan, program yang diinisiasi salah satunya oleh TTN ini bekerja sama dengan PDRC FKM UI. Pelaksanaan program ini menggandeng Fakultas
Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Master of Training (MOT) di Casabaio Paradise Resort pada 25-27 April 2017. Pelatihan diikuti kurang lebih 30 peserta yang terdiri atas bidan, tenaga pelaksana gizi (TPG) puskesmas dan PKK Kecamatan Likupang Timur, Kecamatan Likupang Selatan, Kabupaten Minahasa Utara dan Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung. Para peserta MOT terpilih yang telah menjadi master trainers akan melatih para kader-kader posyandu di wilayah binaan masing-masing dalam kegiatan TOT.

Pelatihan Master of Trainer (MoT) (Dokumentasi TTN)

Manajer PPM TTN, Yustinus Hari Setiawan, menjelaskan bahwa program ini mendapat perhatian penuh perusahaan. Saat ini pelaksanaan program fokus pada dua hal, yakni ekonomi dan kesehatan. Perusahaan mempersiapkan generasi-generasi emas, khususnya di lingkar tambang Sulawesi Utara, melalui program Gerakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Tujuannya untuk mendorong generasi berikutnya yang berkualitas dan terawasi kesehatannya sejak dini.

BERI KOMENTAR
TERKAIT
Copyright © 2022 TAMASYA - Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
All Rights Reserved