PT Lanna Harita Indonesia

Karena Si Hitam Air Berlimpah, Jalan Tak Berlubang, Warga Desa Riang

Jumat, 10 September 2021
si-hitam.jpg
Dokumentasi LHI

Areal tambang umumnya jauh dari pusat keramaian kota. Tidak mengherankan jika infrastruktur dan sarana transportasi ke lokasi tambang sangat
minim. Hal ini karena memang penggunanya sangat minim. Dampak lanjutannya, pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan terbengkalai dan
lokasi tambang terisolasi.

Kondisi tersebut dialami sejumlah daerah lingkar tambang yang dikelola PT Lanna Harita Indonesia (LHI) di Kutai Kartanegara dan sebagian Samarinda, Kalimantan Timur. Beberapa daerah yang sempat terisolasi akibat buruknya infrastruktur jalan dan jembatan adalah Sidomulyo, Anggana, dan Tanah Merah.

...semakin baik kondisi infrastruktur jalan dan jembatan, semakin lancar arus distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat...

Untuk membuka akses ke kawasan tersebut, LHI yang memiliki komitmen untuk selalu membantu masyarakat sekitar tambang merealisasikan program perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan. LHI menyadari benar, semakin baik kondisi infrastruktur jalan dan jembatan, semakin lancar arus distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat. Dampak lanjutannya, ongkos distribusi barang dan bahan untuk masyarakat bisa ditekan.

"Sarana air bersih dan jalan menciptakan kesehatan dan menurunkan ekonomi biaya tinggi pada masyarakat sekitar area tambang."

Selain infrastruktur jalan dan jembatan, LHI juga membangun sarana air bersih bagi masyarakat sekitar tambang. Hal ini dilakukan karena LHI menyadari betul peran penting air bersih sebagai indikator kesejahteraan masyarakat. Dengan melibatkan masyarakat, kemudian LHI membangun sarana produksi dan distribusi air bersih.

Salah satu objek pemenuhan air bersih adalah pemasangan sarana penampungan dan distribusi air bersih dari lokasi sumber air baku sampai ke masyarakat pengguna. LHI membangun sarana air bersih ini di Kelurahan Tanah Merah, Kota Samarinda.

BERI KOMENTAR
TERKAIT
Copyright © 2022 TAMASYA - Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
All Rights Reserved