PT Timah Tbk

Jalan Rahasia Menuju Kesuksesan Pemali Boarding School

Selasa, 7 September 2021
ratusan-pelajar.jpg
Dokumentasi PT Timah
Ratusan Pelajar Daftar Program Beasiswa PT Timah Tbk di SMAN 1 Pemali

Menjadi bagian dari Program Kelas Beasiswa di SMAN 1 Pemali merupakan impian dan kebanggaan terbesar bagi lulusan SMP/MTs di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Program Kelas Beasiswa yang diberikan oleh PT Timah Tbk (PT Timah) merupakan program solutif yang merepresentasikan pengabdian dan kehadiran nyata PT Timah untuk negeri dalam bentuk komitmen, tanggung jawab, dan kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan di sekitar wilayah operasi.

PT Timah memberikan kesempatan bagi peserta didik yang tidak mampu, tetapi memiliki prestasi untuk mendapatkan pendidikan yang baik melalui penyelenggaraan Program Kelas Beasiswa di SMAN 1 Pemali. Program ini merupakan salah satu implementasi dari kemitraan multipihak yang telah memberikan manfaat dan kebanggaan tidak hanya bagi siswa terpilih, melainkan juga berdampak positif terhadap SMAN 1 Pemali serta pemerintah, selain juga membantu keluarga miskin untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.

Pada 2001, angka partisipasi sekolah usia 16-18 tahun di Bangka Belitung hanya 42,47% dan lebih dari 50% tidak bersekolah. Fakta ini menjadi pendorong PT Timah untuk berkomitmen dan konsisten dalam melaksanakan program Kelas Beasiswa. Proses perekrutan peserta beasiwa cukup ketat dilakukan melalui lima tahap berjenjang, sosialisasi, seleksi administrasi, tes potensi akademik, psikotes dan wawancara, dilanjutkan dengan tes kesehatan dan masuk asrama. Siswa yang lolos seleksi biasanya mempunyai latar akademis yang bagus semasa belajar di SMPN.

Dengan tujuan agar para siswa bisa berkonsentrasi dalam menjalani masa pendidikannya, disediakan berbagai fasilitas. Asrama (boarding school) untuk menginap termasuk kebutuhan pokok seperti makan dan minum. Selain itu para calon penerus bangsa ini dapat menikmati sejumlah fasilitas lain seperti perlengkapan belajar, baju seragam, sepeda untuk transportasi ke sekolah, ruang belajar plus laboratorium, serta biaya pendidikan termasuk biaya bimbingan belajar, uang komite, dan uang sekolah.

Kelas Beasiswa dimulai pada 24 Juli 2000 dengan menginduk pada SMAN 1 Pemali Kabupaten Bangka. Ide awal dari tujuan mulia ini adalah untuk menyiapkan kader-kader pimpinan yang berkompeten dan bermoral tinggi. Pada pelaksanaannya, pendekatan dilakukan dari awal perekrutan hingga proses belajar, sehingga program ini juga membantu tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) lainnya. Kemitraan multipihak (KMP), nondiskriminasi, kesetaraan gender, transparansi, dan akuntabilitas menjadi dimensi-dimensi lain dalam pelaksanaan beasiswa ini.

Lebih dari 700 peserta didik telah dihasilkan melalui program ini yang kemudian melanjutkan ke jenjang universitas di berbagai kota di Indonesia serta luar negeri. Banyak lulusan SMAN 1 Pemali diterima di perguruan tinggi ternama seperti ITB, UGM, UI dan sebagainya. Sederet prestasi juga ditorehkan para siswa yang mengikuti program ini, seperti program pertukaran pelajar baik di Jepang maupun Amerika Serikat, pemenang lomba karya tulis, terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional, serta kompetisi lainnya.

Kini, setelah hampir dua puluh tahun berjalan, jerih payah dan investasi yang dikeluarkan BUMN ini mulai kelihatan. Prestasi demi prestasi mulai diraih. Nama Kelas Beasiswa dan SMAN 1 Pemali pun menjadi semakin diperhitungkan. Tak dimungkiri, menjadi bagian dari Kelas Beasiswa merupakan harapan dan kebanggaan tersendiri bagi siswa siswi di Bangka, Belitung, Riau dan Kepulauan Riau. Hingga saat ini kelas unggulan yang dibiayai oleh perusahaan ini sudah mencapai 19 angkatan dengan total penerima beasiswa berjumlah 884 siswa, terdiri atas 105 siswa yang saat ini masih bersekolah dan 779 orang siswa alumni.

Sunandar, Kepala SMAN 1 Pemali mengakui dukungan PT Timah terhadap penyelenggaraan Kelas Beasiswa sangat luar biasa. Ia sangat mendukung upaya membangun sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas ini. “Harus kita akui, Kelas Beasiswa ini telah mengharumkan nama daerah dan sekolah kita. Prestasi yang ditorehkan siswa-siswa di kelas ini pun tidak sedikit,” katanya.

BERI KOMENTAR
TERKAIT
Copyright © 2022 TAMASYA - Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
All Rights Reserved