Air Bersih Bukan lagi Mimpi

Jumat, 10 September 2021
sarana-mck.jpg
Dokumentasi SMM
Sarana MCK di Dusun Teluk Lihat, Desa Lemo I di Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah

Dusun Teluk Lihat merupakan salah satu wilayah di Desa Lemo I di Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Wilayah ini merupakan area yang kecil dan berada tepat di bantaran Sungai Lemo. Pada awalnya sebagian besar masyarakatnya hidup dari kegiatan berkebun dan sebagian masuk ke dalam hutan untuk mencari rotan sebagai sumber penghasilan. Namun, seiring dengan masuknya perusahaan pertambangan, sebagian besar tenaga kerja terserap ke perusahaan pertambangan.

Pada 2000, masuknya perusahaan tambang batubara di Desa Lemo I dan di desa-desa sekitar Kabupaten Barito Utara termasuk PT Suprabari Mapanindo Mineral (SMM) meningkatkan aktivitas masyarakat wilayah tambang. Perusahaan ini berada di sekitar Dusun Teluk Lihat, Desa Limo I yang berpenghuni lebih dari 229 jiwa dengan jumlah rumah tangga sekitar 48 rumah dan 53 Kepala Keluarga. Adapun Desa Lemo I sebagai desa administratifnya memiliki jumlah penduduk 1.459 jiwa dengan luas desa 115,58 km².

Sebagian besar masyarakat Dusun Teluk Lihat yang berdomisili di daerah bantaran aliran Sungai Lemo membangun rumah dari kayu secara memanjang di pinggiran sungai. Untuk memenuhi kebutuhan air mandi cuci kakus (MCK), bahkan untuk memasak mereka sangat bertumpu pada air yang ada di sungai tersebut. Untuk mendapatkan air pun mereka harus menempuh jalan cukup jauh, licin, dan berbatu.

Kualitas air yang mereka dapatkan jauh dari bersih dan sehat karena sudah tercemar oleh berbagai kotoran dan sampah. Baru sekitar 10% masyarakat di dusun ini sudah memiliki MCK sendiri, sementara 90% warga belum memiliki kamar mandi di rumah. Selain itu, kesadaran terhadap kesehatan kurang, seperti kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Banyak masyarakat yang malas untuk membuang sampah pada tempatnya, sungailah yang menjadi tempat pembuangan sampah akhir sehingga sungai menjadi sumber berbagai penyakit.

Keinginan masyarakat untuk mendapatkan air besih dan MCK yang layak pakai saat itu masih sebatas harapan. Atas dasar kondisi itulah, SMM melalui salah satu program pembangunan masyarakat berinsiatif untuk membangun fasilitas air bersih dan MCK. Upaya ini ditempuh dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menyehatkan masyarakat melalui air bersih dan MCK.

Mimpi Menjadi Nyata

Akhirnya harapan masyarakat Dusun Teluk Lihat untuk mendapatkan fasilitas air bersih dan MCK terwujud, karena komitmen SMM dalam memperbaiki kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat sangat tinggi. Di bidang pembangunan infrastruktur, perusahaan melakukan perbaikan akses jalan bagi masyarakat Dusun Teluk Lihat sehingga masyarakat dapat menjangkau kampung dalam dan kampung luar dusun dengan nyaman.

Sarana peribadatan seperti masjid kini telah berdiri kokoh. Di bidang kesehatan, setiap bulan perusahaan mendatangkan dokter dan paramedis berikut obat-obatannya untuk memberikan bantuan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat.

SMM melakukan sosialisasi program pembangunan MCK dan sumur air bersih untuk warga Dusun Teluk Lihat dengan melibatkan tenaga kesehatan Muara Teweh melalui kegiatan penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat. Melalui program ini SMM telah berhasil membangun budaya sehat masyarakat dusun.

Sejak dicanangkannya program ini, pada 2018 sudah terbangun 48 buah MCK dan 7 buah sumur gali. Pada 2019, program ini dilanjutkan dan perusahaan telah berhasil membangun 7 sumur gali yang peruntukannya satu sumur minimal untuk 4 rumah yang ada di sekitarnya.

Bersamaan dengan pembangunan itu juga disiapkan 2 paket tandon air dengan volume masing-masing 1.200 liter, tandon penjernihan serta pipanisasi sampai ke MCK rumah warga. Tidak hanya itu, SMM juga membangun 48 unit MCK yang didalamnya terdapat 1 kloset dan 2 buah keran air, septic tank serta pipanisasi dari sumur gali dan tandon untuk 4-5 rumah.

MCK yang dibangun berdinding seng, berlantai kayu dan beratap seng. Septic tank berukuran 1x1 meter dengan bahan kayu dan semen. Akhir tahun 2019, masyarakat Dusun Teluk Lihat sudah dapat menikmati program air bersih dan MCK yang telah dibuat. Sekarang mereka sudah tidak cemas lagi untuk mendapatkan air bersih, serta tidak perlu ke sungai untuk kegiatan MCK, dan yang terpenting adalah terbangunnya pola hidup sehat.

Sulitnya mendapatkan air dan MCK karena jalan menuju sungai yang licin dan curam serta sangat membahayakan, sekarang sudah tidak akan mereka alami lagi. Kehidupan menjadi lebih sehat, kebutuhan air bersih dapat terpenuhi dengan baik, dan masyarakat Dusun Teluk Lihat kini tersenyum bahagia.

...sekarang mereka sudah tidak cemas lagi untuk mendapatkan air bersih, serta tidak perlu ke sungai untuk kegiatan MCK, dan yang terpenting adalah terbangunnya pola hidup sehat.

BERI KOMENTAR
TERKAIT
Copyright © 2022 TAMASYA - Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
All Rights Reserved